Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pelabuhan Prodi S1 Teknik Sipil dan D3 Teknik Transportasi Jurusan Teknik Sipil Unesa selama Wabah Covid-19

Authors

  • Yogie Risdianto Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Andjani Universitas Negeri Surabaya
  • Meity Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Krisna Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran secara online (daring) dan klasikal di era pandemi COVID-19 pada mata kuliah Pelabuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola desain faktorial (Pola F). Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berisi rangkaian soal dalam bentuk ujian UTS dan UAS. Subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi D3 Teknik Sipil sebagai kelompok kemampuan awal rendah dan program studi S1 Teknik Sipil sebagai kelompok kemampuan awal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar mata kuliah pelabuhan dengan pembelajaran menggunakan media online pada siswa jenjang kemampuan awal tinggi adalah 71,64 sedangkan mahasiswa jenjang kemampuan awal rendah adalah 74,48. Nilai thitung= 1,145 < ttabel=2,010. Mahasiswa yang memiliki jenjang kemampuan awal tinggi memiliki nilai tes prestasi belajar mata kuliah pelabuhan yang lebih rendah, hal ini tidak terpengaruh oleh jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Published

2021-04-01

How to Cite

Risdianto, Y., Andjani, N., Wulandari, M., & Handayani, K. D. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pelabuhan Prodi S1 Teknik Sipil dan D3 Teknik Transportasi Jurusan Teknik Sipil Unesa selama Wabah Covid-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 124-128. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.221