Pengembangan LKPD Al-Qur’an Hadis Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Kelas VIII MTS Al-Mujahidin Nahdlatul Wathan Mantadulu Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2176Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendesai bahan ajar Al-Qur’an Hadis berbasis CTL pada materi kuberbagi infak dan sedekah dan bagaimana mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar Al-Qur’an Hadis berbasis CTL pada materi kuberbagi infak dan sedekah. Jenis penelitian adalah penelitian Research and development (R&d) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design) and pengembangan (development). Bahan ajar yang dikembangkan adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Contextual teaching and learning (CTL). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media. Angket validasi ahli materi dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis angket LKPD validasi ahli media sebesar sebesar 0,58 termasuk dalam kategori valid dan hasil analisis validitas LKPD ahli materi sebesar 0,9 termasuk dalam kategori valid yang tinggi. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 99,2 %, termasuk pada kategori yang sangat layak. Dengan demikian pengembahan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasi Contextual teaching and Learning (CTL) materi kuberbagi infak dan sedekah pada kelas VIII dinyatakan sangat layak dan memenuhi kriteria sangat valid.