Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2149Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Pekalongan pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N Pekalongan dengan subjek penelitian yaitu melibatkan 6 responden yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria yang dipilih meliputi 3 siswa yang memiliki nilai tertinggi dan 3 siswa yang memiliki nilai terendah berdasarkan hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan fenomologi serta teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian pada pemahaman konsep matematika indikator pertama, 5 dari 6 siswa memiliki ketercapaian menyatakan pemahaman konsep. Pada indikator kedua, hanya 1 dari 6 siswa mengklasifikasi sebuah objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya. Pada indikator ketiga, 3 dari 6 siswa mampu memberi contoh dan noncontoh dari sebuah konsep konsepnya. Pada indikator keempat, 4 dari 6 siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis konsepnya. Pada indikator kelima, 3 dari 6 siswa mampu mengembangkan syarat perlu dari suatu konsep konsepnya. Pada indikator keenam, 4 dari 6 siswa mampu menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu konsepnya. Dan, pada indikator ketujuh, 4 dari 6 mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah konsepnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa dapat memungkinkan unutk memecahkan masalah matematika dengan lebih baik.