PENGARUH MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN KEBAHASAAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 DOMPU
Mind Map
Abstract
Mind map merupakan teknik pembelajaran yang menggunakan gaya visual dengan kombinasi warna, sehingga memudahkan daya ingat peserta didik, mind map memiliki ciri khas yaitu bagan, warna, bercabang, dan memunculkan gambar. Mind map atau peta pikiran merupakan metode mencatat kreatif yang memudahkan untuk mengingat banyak informasi yang diperkaya dengan warna gambar, kode, untuk menambah minat, keindahan, dan individualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik mind map terhadap pemahaman kebahasaan pada peserta didik SMA Negeri 1 Dompu tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment (eksperimen quasi). Populasi ialah seluruh peserta didik kelas X IA yang berjumlah 237 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IA3 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IA4 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Data diperoleh melalui pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan tes awal diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 60 dan kelas kontrol sebesar 60. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas eksperimen sebesar 75 dan kelas kontrol 70. Data tes akhir kelas sampel dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,194 dan dan ttabel sebesar 1,999. Diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf kesalahan 5% dan dk sebesar 62. Berdasarkan hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh penggunaan mind map terhadap pemahaman kebahasaan peserta didik SMA Negeri 1 Dompu pembelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Mind Map, Pemahaman Kebahasaan