Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Tugas dan Fungsi Kepengawasan

Authors

  • Muhamad Hojin Pengawas TK/SD/SDLB Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1689

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi dan langkah-langkah peningkatan mutu pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh pengawas, penelitian ini bertujuan untuk mencari formula dan strategi yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan teori yang mendukung pada peningkatan mutu. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis untuk menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya dan mengumpulkan data sedalam-dalamnya, sumber data dan jenis data merupakan data sekunder dengan mengambil dari studi literatur, daftar pustaka dan media. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan hal yang penting untuk membentuk perencanaan dan sasaran tujuan pendidikan, ada beberapa metode atau strategi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dengan penekanan penugasan, meningkatkan kualitas SDM dalam hal ini guru melalui pendidikan dan pelatihan, meningkatkan pendukung sarana pendidikan mulai dari ruang kelas, perpustakaan dan teknologi pendukung pendidikan seperti tersedianya lab, komputer dan jaringan internet dan lain-lain.

Published

2023-03-01

How to Cite

Hojin, M. . (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Tugas dan Fungsi Kepengawasan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1546-1554. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1689