Pengaruh Teknik Pembelajaran Aktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 29 Dompu tahun pembelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi ialah seluruh siswa SD Negeri 29 Dompu yang berjumlah 298 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Data diperoleh melalui pretest dan postestsiswa kelas sampel dianalisis menggunakan uji T test. Berdasarkan tes awal diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 31.2 dan kelas kontrol sebesar 25,2. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas eksperimen sebesar
37.6 dan kelas kontrol 25.6. Data tes akhir kelas sampel dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 36.2422905852 dan dan ttabel sebesar1,708 . Didapat thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil hasil penelitian tersebut bahwa hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh penggunaan teknik pembelajara aktif terhadap pemahaman prestasi beljaar siswa SD Negeri 29 Dompu tahun pembelajaran 2017/2018 diterima.