Korelasi Antara Kemampuan Berbicara Dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 4 Pajo Tahun Pembelajaran 2016/2017

Authors

  • Hidayat

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Korelasi Antara Kemampuan Berbicara Dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 4 Pajo Tahun Pembelajaran 2016/2017. penelitian ini ingin melihat apakah kemampuan berbiacara berhubungan
dengann keterampilan menulis narasi siswa SD Negeri 4 Pajo? Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 4 Pajo Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 siswa yang dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan uji T. Diperoleh persamaan analisis regresi linear sederhana dengan Y=11,389+0,971X. Selanjutnya hasil analisis data penelitian tersebut menunjukan bahwa jumlah n=16 maka diperoleh hasil dari analisis koefisien korelasi dengan nilai rhitung sebesar 0,713 dan rtabel sebesar 0,497 artinya bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,713>0,497) maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima atau signifikan. Hasil dari analisis koefisien determinasi menunjukkan perolehan hasil dari porsentase (%) sebesar 50,8369%. Dari hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3,804 dan ttabel sebesar 2,144 artinya thitung lebih besar dari ttabel (3,804>2,144) ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak sehingga hipotesis yang diajukan DITERIMA maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kemampuan berbicara dengan keterampilan menulis narasi SD Negeri 4 Pajo Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Published

2020-09-01

How to Cite

Hidayat. (2020). Korelasi Antara Kemampuan Berbicara Dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri 4 Pajo Tahun Pembelajaran 2016/2017. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2). Retrieved from https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/165