Strategi Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Dompu
Abstract
Masalah yang terjadi pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Dompu terkait proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara lain siswa tidak mendapatkan porsi atau kesempatan yang sama antara masing-masing siswa untuk berbicara, berpendapat, dan bercerita, teknik dan metode yang digunakan kurang melibatkan siswa untuk berbicara dan kurang bervariasi, siswa merasa tidak perlu dan kurang percaya diri untuk berbicara, berpendapat, dan bercerita, kemampuan berpikir siswa kurang meluas dan kreatif sehingga yang diutarakan siswa saat menanggapi informasi cenderung homogen dan menimbulkan keraguan dalam berbicara, oleh karena itu, hasil belajar siswa juga berada di bawah kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah, alternative metode pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta menambah motifasi belajar siswa adalah strategi quantum teaching dengan tahapan pembelajaran yang biasa dikenal dengan singkatan TANDUR, jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, berdasarkan analisis data hasil penelitian, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019-2020, hal ini terbukti bahwa porsentase ketuntasan pra-siklus yaitu sebesar 51,21% kemudian meningkat menjadi 95,12% pada siklus I, kemudian siklus II meningkat menjadi 97,56%.