Peran Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Siswa SD Negeri 19 Woja Tahun Pembelajaran 2020/2021

Authors

  • Angga Putra
  • Ija Srirahmawati

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai tanggung jawab untuk terus mendidik siswanya. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 12 Juni 2020, di SD Negeri 19 Woja peneliti melihat pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa masih ada yang ribut, mengganggu teman, dan kurang memperhatikan saat guru sedang menerangkan pembelajaran. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini bagaimanakah peran layanan bimbingan belajar terhadap kesulitan belajar siswa SD Negeri 19 Woja tahun pembelajaran 2015/2016”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 19 Woja Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan Reduction Data, Display Data, Verification Data. Dari analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran layanan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar diberikan dalam bentuk menggunakan metode belajar yang bervariasi jenis-jenis layanan bimbingan belajar sebagai berikut : (1). Layanan Informasi, (2). Layanan Konten, (3). Layanan Penempatan dan Penyaluran, (4). Layanan Konseling Perorangan, (5). Layanan Bimbingan Kelompok, (6). Konsultasi, dan (7). Mediasi, sehingga dengan layanan bimbingan belajar tersebut siswa dapat termotivasi dengan sarana dan layanan yang diberikan oleh guru kelas/guru pendamping.

Published

2020-09-11

How to Cite

Angga Putra, & Ija Srirahmawati. (2020). Peran Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Siswa SD Negeri 19 Woja Tahun Pembelajaran 2020/2021. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 601-609. Retrieved from https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/162