Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Problem Possing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMP Negeri 1 Kota Bima
Abstract
SMP Negeri 1 Kota Bima merupakan salah satu sekolah di NTB yang masih melakukan pembelajaran ekonomi dengan partisipasi konvensional Hasil pantauan peneliti sebagai guru kelas SMP Negeri 1 Kota Bima terkait hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada semester ganjil tahun 2019 lalu masih tergolong rendah yaitu 68% siswa ketuntasan hasil belajar siswa tidak memenuhi standar ketuntasan belajar (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75% siswa tuntas secara individu. Oleh karena itu salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi solusi dari masalah di atas yaitu model pembelajaran kooperatif dengan pembahasan masalah yang dimiliki, atas dasar itu peneliti melakukan penelitian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bima menggunakan model pembelanjaaran kooperatif dengan pembelanjaan Masalah Possing. Berdasrkan hasil data analisi dapat disimpulkan sebagai model penerapan pembelajaran kooperatif dengan masalah masalah yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2018-2019 di mana hasil analisis jumlah dana sebesar 45% kemudian meningkat menjadi 53, 1% pada siklus I. Siklus II meningkat lagi menjadi 62,5% karena masih belum menmenuhi kriteria maka dilaksanakan siklus selanjutnya, pada siklus III porsen hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 87,5%.