Peningkatan Hasil Belajar Materi Tolak Peluru Menggunakan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1532Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Materi Tolak Peluru Menggunakan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik Siswa Kelas XI-TKRO SMKN1 Woja tahun 2019/2020.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Materi Tolak Peluru Siswa Kelas XI-TKRO SMKN 1 Woja. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa Kelas XI-TKRO SMKN 1 Woja pada siklus 1 untuk Materi Materi Tolak Peluru dengan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik diperoleh nilai rata-rata siklus 1 sebesar 73,2 dengan ketentusan belajar 78,9% dan yang tidak tuntas 21,1%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siklus II sebesar 81,6 dengan ketuntasan belajar 89,5% dan yang tidak tuntas 8,7%. Berdasarkan data hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi yang sama yaitu Materi Tolak Peluru. Hal ini disebabkan pada siklus I dan siklus II Sudah menerapkan pembelajaran menggunakan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik. Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang menerapkan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik pada materi Materi Tolak Peluru berdasarkan hasil pengamatan termasuk kategori baik semua aspek aktivitas siswa. Adapun aktivitas siswa yang dinilai adalah aspek aktivitas siswa: mendengar dan memperhatikan penjelasan guru, kerja sama dalam kelommpok, bekerja dengan menggunakan alat peraga, keaktifan siswa dalam diskusi, memperesentasikan hasil diskusi, menyimpulkan materi, dan kemampuan siswa menjawab pertanyaan dari guru.