Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 11 Mangge Maci Kota Bima
Abstract
Strategi pembelajaran yang digunakan di SD Negeri 11 Mangge Maci Kota Bima dalam proses pembelajaran masih kurang berorientasi kepada siswa. Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Mangge Maci Kota Bima masih rendah yaitu dengan ketuntasan klasikal 47,6%. Dominasi guru terhadap siswa membuat hasil belajar siswa kurang dan belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa yaitu Model pembelajaran open-ended. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, Sebelum pelaksanaan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai adalah 47,6%. Setelah pelaksanaan terdapat peningkatan yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 52,4%. Pada siklus I hasil belajar siswa belum tuntas secara klasikal, sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan-perbaikan. Setelah pembelajaran pada siklus II, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,7%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika melalui Model pembelajaran open ended pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 11 Mangge Maci Kota Bima Tahun Pelajaran 2018-2019 dapat meningkatkan hasil belajar (kreativitas) siswa.