Systematic Literature Review: Penggunaan Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran di Prodi Matematika Universitas Wanita Internasional
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1501Abstract
Masa pandemi covid-19 masih belum usai sehingga pembelajaran daring masih tetap dilaksanakan. Evaluasi pembelajaran daring perlu dilaksanakan untuk melihat kesuksesan pembelajaran daring tersebut yang salah satunya dapat dilaksanakan dengan menggunakan Quizizz. Penilaian harian dan kuis merupakan sebagian fitur yang dapat diberikan Quizizz yaitu untuk melakukan evaluasi pembelajaran daring namun dengan tampilan yang menarik. Namun pada kenyataannya modus penggunaan Quizizz adalah pembelajaran berbasis game saja. Tujuan dari penelitian ini adalah bahwa Quizizz dapat dijadikan sebagai evaluator pembelajaran daring di program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Wanita Internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, data-data informasi dikumpulkan oleh peneliti dari berbagai sumber yang relevan kemudian diolah dan selanjutnya disimpulkan. Hasil penelitian ini adalah Quizizz sebagai alternatif penilaian pembelajaran khususnya pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini. Evaluasi pembelajaran melalui Quizizz dapat meringankan dosen dalam melakukan penilaian secara detail dan obyektif.