Strategi Pemasaran Garuda Indonesia Tanjungpinang dalam Menghadapi Epidemi Virus Covid-19

Authors

  • Imam Ozali Institut Transportasi dan Logistik, Jakarta, Indonesia
  • Euis Sarbanon Institut Transportasi dan Logistik, Jakarta, Indonesia
  • Rudi Max Damara Gugat Institut Transportasi dan Logistik, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1497

Abstract

PT. Garuda Indonesia atau dikenal sebagai Garuda Indonesia adalah Maskapai Penerbangan negara Republik Indonesia, yang memiliki kantor pusat di Bandar udara Internasional Soekarno–Hatta. Garuda Indonesia telah bergabung dengan Aliansi SkyTeam pada tanggal 5 Maret 2014 di Bali, Dalam rangka mempersiapkan kehadirannya di kancah Internasional. Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan berjadwal ke sejumlah destinasi meliputi Benua Asia, Eropa, dan Australia dari Jakarta, serta kota fokus, maupun kota lain untuk penerbangan Haji. Adapun permasalahan dalam penilitian ini adalah Covid-19 sangat berdampak terhadap bisnis secara global, tidak terlepas juga dunia penerbangan sangat terpukul dengan adanya covid-19, termasuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia kantor perwakilan Tanjungpinang. Dalam memecahkan masalah ini selanjutnya penulis menggunakan metode Analisis SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threat), matriks EFE (External Factor Evaluation) dan matriks IFE (Internal Factor Evaluation), untuk mengetahui secara internal kekuatan Garuda Indonesia kantor perwakilan Tanjungpinang, dan secara eksternal untuk mengetahui peluang yang potensial, sebagai dasar untuk menyusun Marketing Strategi Garuda Indonesia Tanjungpinang dalam menghadapi epidemi virus covid-19.

Published

2023-01-04

How to Cite

Ozali, I., Sarbanon, E., & Gugat, R. M. D. (2023). Strategi Pemasaran Garuda Indonesia Tanjungpinang dalam Menghadapi Epidemi Virus Covid-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 387-393. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1497