Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Sri Sundari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Gresik, Indonesia
  • Mochamad Syafii Fakultas Ekonomi, Universitas Gresik, Indonesia
  • Adrijanti Adrijanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Gresik, Indonesia
  • Fahimatul Anis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa disekolah. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Islam Pogangan, Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 187 orang dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan rumus Isaac dan Michael (1981). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis. Penelitian ini berlandaskan pada teori Fauzi dimana teori tersebut menjelaskan terkait salah satu cara meningkatkan motivasi peserta didik yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Islam Pogangan, Gresik, Jawa Timur.

Published

2023-01-03

How to Cite

Sundari, S., Syafii, M., Adrijanti, A., & Anis, F. (2023). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Motivasi Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 338-342. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1487