Hubungan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Mengajar Guru MAN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Keberhasilan pendidikan di sekolah tergantung dari kepala sekolah dalam mengelola segenap komponen-komponen serta unsur-unsur yang ada didalamnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjamin keberhasilan pendidikan di sekolah yaitu kegiatan supervisi. Fenomena Guru di MAN 1 Dompu belum melaksanakan pekerjaan atau tugasnya secara optimal yang pada akhirnya berakibat terhadap prestasi kerja yang diperoleh. Hal ini banyak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya peran kepala sekolah dalam memberikan dorongan serta kiat-kiat untuk peningkatan kinerja personil khususnya guru, masalah yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru di MAN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020. data penelitian ini diperoleh melalui metode penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai dari hasil penelitian atau r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (rhit > r tab) yaitu (0.524 > 0.304) yang berarti Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah “terdapat Hubungan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Mengajar Guru Di MAN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020”.