Pelaksanaan Pembelajaran PAI pada Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik Learning

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Dewi Safitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd Roshan Ramadhan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Najla Puteri Aqilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran PAI pada kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik learning di SMP IT Ad-Durrah Kec Medan Marelan. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu tentang Kemampuan guru mengenai pendekatan saintifik learning pada pembelajaran PAI di sekolah SMP tersebut, Pendekatan saintifik ini adalah anjuran dari kurikulum 2013 namun masih banyak pendidik yang belum paham akan pendekatan santifik ini. Sebagaimana yang kita pahami bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik learning ini akan berjalan dengan baik jika guru telah memahaminya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode study deskriptif. Pemerolehan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan selanjutnya dilakukan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai upaya hasil analisis data. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Pelaksanaan pembelajarann pai pada kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik learning di SMP IT Ad-Adurrah masih belum berjalan dengan maksimal. Hal ini terjadi karena masih ada beberapa guru pai yang ada di SMP IT Ad-Durrah yang belum tau apa itu pendekatan saintifik learning. Dan ketidak tauan ini menyebabkan terkendalanya penerapan pendekatan santifik ini dalam pembelajaran sehingga Pendekatan saintifik learning masih belum berjalan maksimal disekolah tersebut.

Published

2023-03-03

How to Cite

Neliwati, N., Safitri, D., Ramadhan, M. R., & Aqilla, N. P. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran PAI pada Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1684-1688. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1433