Pengaruh Strategi Problem Solving dan STAD terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Rova Betta Yulianda Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis startegi problem solving, STAD dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD ditinjau dari kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini seluruh SD Negeri yang berada   di wilayah Kelurahan Kapuk, Jakarta pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendeketan kuantitatif dan rancangan grup faktorial 2 x 2. Variabel terikat dalam penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita, sedangkan variabel bebas adalah strategi pembelajaran dan variabel atribut adalah kemandirian belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi problem solving dan siswa yang belajar menggunakan strategi STAD (2) terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita antara siswa yang memiliki kemandirian  belajar tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita (4) terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi antara siswa yang belajar menggunakan strategi problem solving dengan yang menggunakan strategi STAD (5) terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah antara siswa yang belajar menggunakan strategi problem solving dengan yang menggunakan strategi STAD.

Published

2023-01-03

How to Cite

Yulianda, R. B. (2023). Pengaruh Strategi Problem Solving dan STAD terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 297-302. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1407