Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pendekatan Metakognitif: Systematic Literature Review

Authors

  • Tria Kurnia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1398

Abstract

Dalam kurikulum KTSP, Pemecahan masalah matematis merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pendekatan metakognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yaitu menganalisis studi penelitian terkait kemampuan pemecahan masalah, pendekatan metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pendekatan metakognitif dari artikel jurnal yang diterbitkan pada rentang waktu antara tahun 2012 sampai tahun 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Pertanyaan kunci dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah masalah matematis dengan pendekatan metakognitif.  Terdapat 20 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis. Hasil studi menunjukan bahwa pendekatan metakognitif memiliki peran yang penting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Melalui pendekatan metakognitif ini, dapat mendorong siswa untuk mengetahui apa yang ia pikirkan, apa yang ia miliki dan apa yang ia harus dapatkan supaya pembelajaran matematika yang dialaminya dapat menghasilkan pengetahuan baru yang lebih baik dan lebih kompleks serta kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi meningkat.

Published

2023-01-08

How to Cite

Kurnia, T., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pendekatan Metakognitif: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 616-622. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1398