Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Rasa Empati pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara

Authors

  • Tisya Meutia Azzahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Silvi Wulandari Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Fadhilatul Aini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Dika Sahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1397

Abstract

Hubungan tingkat religiusitas dengan rasa empati termasuk faktor utama keberhasilan terhadap jati diri yang implementasinya Masih dipertanyakan di kalangan calon konselor. Studi kuantitatif ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengetahui apakah tingkat religiusitas mempengaruhi rasa empati pada mahasiswa dan adakah hubungannya religiusitas dengan empati mahasiswa khususnya mahasiswa yang menjadi calon konselor (Bimbingan Penyuluhan Islam). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik random sampling yakni dengan mahasiswa mengisi kuesioner skala penelitian secara online berisi 30 item untuk mengukur skala religiusitas dan 15 item untuk mengukur skala empat, dari kuesioner tersebut didapatlah sampel berjumlah 44 responden dan skala likert yang tela dimodifikasi dengan pernyataan-pernyataan yang tersaji. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa hubungan tingkat antara religiusitas dan empati adalah kuat. Lebih lanjut, jika tingkat religiusitas meningkat empatinya juga meningkat, jika religiusitas menurun maka empatinya juga menurun dan terdapat juga hubungan signifikan antara religiusitas dan empati. Menindaklanjuti temuan pada penelitian ini, maka hubungan tingkat religiusitas dan empati sangat penting agar para konselor dan calon konselor mengetahui manfaat apa yang diperoleh terutama bagi calon konselor agar menjadi lebih baik serta mempersiapkan diri menjadi konselor yang lebih profesional.

Published

2023-01-08

How to Cite

Azzahra, T. M., Nasution, S. W., Aini, F., & Sahputra, D. (2023). Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Rasa Empati pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 610-615. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1397