Pengaruh Supervisi Akademik kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru SMP Negeri Se Kecamatan Pemalang

Authors

  • Komariyah Yuniarti Mahasiawa Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Noor Miyono Dosen Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Abdullah Ghufron Dosen Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan apakah terdapat pengaruh antara supervisi akademik dengan kinerja guru SMP Negeri se kecamatan Pemalang. Supervisi akademik diukur dari 3 dimensi yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Berdasarkan analisis uji dimensi variabel supervisi akademik menunjukan bahwa dimensi pelaksanaan merupakan dimensi terkuat sedangkan dimensi tindak lanjut merupakan dimensi terlemah. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan dengan uji regresi sederhana menunjukan bahwa variabel supervisi akademik memiliki korelasi yang signifikan dengan kinerja guru.Hipotesis dengan uji ANNOVA yang menunjukan nilai signifikansi 0,000 ( 0,000 < 0,05) dan F hitung lebih besar dari F tabel sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan supervise akademik  terhadap kinerja guru SMP Negeri se kecamatan Pemalang sebesar 29,70 % dan bentuk hubungan antara variabel supervisi akademik terhadap variabel kinerja guru digambarkan  dalam persamaan regresi :  Y = 62.293+ 0,238 X1.

Published

2023-01-05

How to Cite

Yuniarti, K., Miyono, N., & Ghufron, A. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru SMP Negeri Se Kecamatan Pemalang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 505-513. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1387