Manajemen Mutu Akademik SMP N 2 Taman Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1380Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke lokasi penelitian di SMP N 2 Taman Kabupaten Pemalang pada tahun pelajaran 2022/2023. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perencanaan mutu akademik berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan: (a) Menganalisis permasalahan dan kebutuhan mutu pembelajaran; (b) menetapkan tujuan penyelesaian masalah yang ada; (c) sekolah mempunyai program kerja yang jelas; (d) mempunyai berbagai macam strategi perencanaan peningkatan mutu akademik; (e) sumber dana berasal dari BOS dan sumber dana lain; (f) merencanakan dan mensosialisasikan peningkatan mutu akademik melibatkan seluruh warga sekolah, komite sekolah dan pertemuan orang tua murid dan guru. Pengorganisasian mutu akademik baik, hal ini dibuktikan dengan adanya: (a) pembagian kerja; (b) penempatan tenaga kerja; (c) pembagian wewenang dan tanggung jawab (d) adanya pelimpahan wewenang dari kepala sekolah kebawahan. Pelaksanaan mutu akademik berjalan dengan baik, dibuktikan dengan: (a) pelaksanaan program sekolah; (b) kepala sekolah berperan sebagai motivator; (c) kepala sekolah memantau terhadap peningkatan mutu pembelajaran; (e) kelulusan Ujian Sekolah 100%.Pengawasan mutu akademik berjalan dengan baik, dibuktikan dengan; (a) adanya kegiatan evaluasi pelaksanaan; (b) pelaporan penyimpangan; (c) Tindak lanjut, menlaksanakan rapat evaluasi tahunan dan menentukan tindak lanjut untuk perencanaan kegiatan peningkatan program mutu akademik ditahun pelajaran yang akan datang.