Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Hu’u Dompu

Authors

  • St. Aisah SMAN 1 Hu'u Dompu

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena (1) dikarenakan hasil ulangan yang di bawah KKM; (2) guru menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya berperan sebagai pendengar; (3) aktifitas belajar mengajar yang cenderung pasif, sehingga Model Pembelajaran Inkuiri merupakan solusi dari masalah yang dihadapi oleh guru, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, observsi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, aktivitas belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini meningkat yaitu dari 77,75% menjadi 87,95%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini juga meningkat setelah dilihat dari ketuntasan klasikal, yaitu  56,67% dari siklus 1 menjadi 83,33% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inkuiri pada siswa SMA Negeri 1 Hu’u terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa semakin meningkat disetiap pertemuan dan hasil belajar yang diperoleh siswa pun meningkat serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 75%.

Published

2020-07-10

How to Cite

St. Aisah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Hu’u Dompu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 473-481. Retrieved from https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/138