Manajemen Praktik Kerja Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Peserta Didik Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1379Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan manajemen PKL di SMK Negeri 1 Randudongkal. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini, meliputi tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan pelaporan. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, WKS Humashubin, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan dilakukan dalam beberapa kegiatan, yaitu pemetaan industri, sosialisasi, pemilihan tempat praktik dan guru pembimbing, serta pembekalan, kendala yang ada yaitu biaya dan tidak adanya DUDIKA yang terlibat dalam proses pembekalan peserta didik; (2) pengorganisasian PKL dilakukan dengan pembentukan tim pokja PKL; (3) pelaksanaan PKL dilaksanakan selama 3 bulan di DUDIKA, monitoring, mentoring dilakukan oleh instruktur selama kegiatan PKL; (4) pengawasan praktik kerja industri dilakukan dengan adanya kegiatan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dan pembuatan laporan PKL.