Manajemen Praktik Kerja Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Peserta Didik Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1379

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan manajemen PKL di SMK Negeri 1 Randudongkal. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini, meliputi tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan pelaporan. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, WKS Humashubin, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan dilakukan dalam beberapa  kegiatan, yaitu pemetaan industri, sosialisasi, pemilihan tempat praktik dan guru pembimbing, serta pembekalan, kendala yang ada yaitu biaya dan tidak adanya  DUDIKA yang terlibat dalam proses pembekalan peserta didik; (2) pengorganisasian PKL dilakukan dengan pembentukan tim pokja PKL; (3) pelaksanaan  PKL  dilaksanakan selama 3 bulan di DUDIKA, monitoring, mentoring dilakukan oleh instruktur selama kegiatan PKL; (4) pengawasan praktik kerja industri dilakukan dengan adanya kegiatan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dan pembuatan laporan PKL.

Published

2023-01-01

How to Cite

Manajemen Praktik Kerja Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Peserta Didik Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 48-59. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1379