Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 5 Kota Bima

Authors

  • Muh. Nasir Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Fahruddin Fahruddin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Miaftul Haljannah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Nehru Nehru Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1370

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMAN 5 Kota Bima tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terduri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi   serta refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I Keterampilan Proses Sains sebesar 56,52%, nilai ini belum memenuhi indikator kerja yang telah ditentukan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh nilai Keterampilan Proses Sains sebesar 95,65%. Hasil ini telah mencapai indikator kerja yang telah ditentukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains SMAN 5 Kota Bima tahun pelajaran 2022/2023.

Published

2023-01-03

How to Cite

Nasir, M., Fahruddin, F., Haljannah, M. ., & Nehru, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 5 Kota Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 289-296. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1370