Pengaruh Penggunaan Media Headbelt terhadap Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Budaya di Indonesia pada Siswa Kelas IV SDIT Ahmad Yani Kota Malang

Authors

  • Iftakhul Kalimatul Jannah Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Citra Anugrahwati Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Shirly Rizky Kusumaningrum Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Radeni Sukma Indra Dewi Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1366

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Headbelt terhadap hasil belajar materi keragaman suku budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDIT Ahmad Yani Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre Eksperiment dimana tidak adanya kontrol penuh pada variabel penelitian dan tidak adanya kelompok pembanding. Instrumen penelitian hasil belajar menggunakan tes yang telah divalidasi. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan media headbelt dalam pembelajaran keragaman suku bangsa, kemudian analisis data menggunakan uji beda sampel paired t test dengan software SPSS versi 26.0. Hasil nilai sig menujukan 0.001 < 0,05, maka dengan begitu hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa kelas IV SDIT Ahmad Yani pada materi pembelajaran keragaman suku budaya Indonesia terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media pengembangan headbelt, dengan begitu media headbelt terbukti memberikan kontribusi signifikan pada hasil belajar siswa.

Published

2023-01-01

How to Cite

Jannah, I. K., Anugrahwati, C., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Headbelt terhadap Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Budaya di Indonesia pada Siswa Kelas IV SDIT Ahmad Yani Kota Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 20-24. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1366