Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Akademik di Sekolah Dasar Negeri 02 Kabunan Kabupaten Pemalang

Authors

  • Umsiyah Umsiyah Program Studi Manajemen, Pendidikan Program Magister Pascasarjana (S2), Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1364

Abstract

Penelitian ini untuk Mendeskripsikan dan menganalisis peran Kepala Sekolah sebagai manajer dalam peningkatan Mutu Akademik di SD Negeri 02 Kabunan Kabupaten Pemalang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 02 Kabunan Kabupaten Pemalang pada bulan September 2022 sampai dengan bulan Nopember 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, komite dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah sebagai manajer dilakukan secara terstruktur mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dengan melibatkan peran aktif kepala sekolah, guru, komite dan peserta didik. Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam peningkatan mutu akademik diperlukan dalam perubahan organisasi pendidikan. Hal ini penting bagi inovasi organisasi dan adaptasi terhadap perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Published

2023-01-05

How to Cite

Umsiyah, U. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Akademik di Sekolah Dasar Negeri 02 Kabunan Kabupaten Pemalang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 487-493. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1364