Penerapan Metode Low-Skill Friends Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 1 Manggelewa
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode Low-Skill Friends yang tujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa SMAN 1 Manggelewa kelas X IPA 1 yang berjumlah 35 orang. Hasil analisis data diperoleh Persentase aktifitas belajar siswa pada proses pembelajaran dengan tanpa menerapkan metode Low-Skill Friends, siklus I dan Siklus II masing-masing berturut-turut sebesar 52,78%, 70,83% dan 90,28%. Dari hasil tersebut diperoleh peningatan aktivitas belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 37,50%. Sedangkan hasil analisis pada hasil belajar siswa diperoleh pada proses pembelajaran dengan tanpa menerapkan metode Low-Skill Friends, siklus I dan Siklus II masing-masing berturut-turut sebesar 48,57%, 74,29% dan 94,29%. Dari hasil tersebut juga diperoleh peningatan aktivitas belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 45,72%. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini disebabkan oleh kebiasaan siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata untuk ikut berpartisipasi dalam proses penyelesaian masalah. Kebiasaan ini timbul secara spontanitas dari siswa sebagai akibat perasaan masih ada siswa yang memiliki kemampuan rendah sama seperti dirinya.