Implementation of Teacher and Student Independent Curriculum in Mathematics Learning: Systematic Literature Review

Authors

  • Sanggiti Bawadi Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Novaliyosi Novaliyosi Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Heni Pujiastuti Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Yuyu Yuhana Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Aan Hendrayana Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1292

Abstract

Merdeka Belajar kebijakan Pemerintah Indonesia dalam kesiapan guru dan siswa pada implementasi kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait implementasi kurikulum merdeka guru dan siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview seluruh artikel terkait pendidikan matematika yang diterbitkan antara tahun 2020 sampai dengan tahun 2022. Artikel yang digunakan dalam penelitian ditemukan sebanyak 156 artikel dan setelah diseleksi terdapat 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis terakreditasi nasional. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa kesiapan guru dan siswa serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di antaranya (1) guru dan siswa pada Merdeka Belajar siap mengikuti dan mempraktikkan pelaksanaannya; (2) implementasi Merdeka Belajar meningkatkan mutu pembelajaran; (3) pelaksanaan Merdeka Belajar mengikuti indikator, pedoman, regulasi ditetapkan Kemendikbud; (4) saran model pembelajaran digunakan Blended Learning, Discovery, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning; (5) strategi literasi dan numerasi Merdeka Belajar peningkatan hasil program berkualitas; (6) Kurikulum Merdeka Belajar masih dilakukan pengembangan dan pendampingan secara langsung melalui musyawarah satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas serta Perguruan Tinggi.

Published

2023-01-07

How to Cite

Bawadi, S., Novaliyosi, N., Pujiastuti, H., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2023). Implementation of Teacher and Student Independent Curriculum in Mathematics Learning: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 602-609. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1292