Systematic Literatur Review: Efektifitas Model Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Beti Widiastuti Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Heni Pujiastuti Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Maman Fathurrohman Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1268

Abstract

Salah satu kemampuan abad 21 yang wajib dimiliki siswa sekolah adalah kemampuan komunikasi. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan tersebut biasa disebut dengan istilah kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan ini merupakan kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan matematika yang diuraikan menggunakan kalimat secara lisan maupun tulisan yang dilengkapi dengan penjelasan didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian mengenai kemampuan komunikasi yang dikaitkan dengan Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration dan Evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR).   Tahapan kajian literatur ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, pembahasan, dan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 artikel yang diperoleh menyatakan bahwa Siklus Belajar 5E mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar matematika serta dapat diterapkan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Dalam proses pembelajaran, Model Siklus BElajar 5E juga dapat diintegrasikan dengan beberapa model pembelajaran lain serta bahan ajar yang mampu digunakan untuk membantu peserta didik dalam belajar.

Published

2023-01-05

How to Cite

Widiastuti, B., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2023). Systematic Literatur Review: Efektifitas Model Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 499-504. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1268