Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Matakuliah Speaking menggunakan “Rawa Mbojo” untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa

Authors

  • Nur Wahyuni Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Yapis Dompu
  • Diana Purwati Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Yapis Dompu
  • Karmila Karmila Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Yapis Dompu
  • Jaenudin Jaenudin Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Yapis Dompu
  • Ikhwan Ikhwan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1265

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model penelitian Borg and Gall dengan lima langkah yaitu studi explorasi, pengembangan perangkat pembelajaran awal,  validasi ahli dan revisi perangkat pembelajaran, uji coba lapangan skala kecil dan revisi perangkat pembelajaran, dan  uji coba lapangan skala besar dan perangkat pembelajaran akhir. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Lembar Validasi Perangkat Pembelajaran, Worksheet, Lembar observasi kemampuan dosen mengelola pembelajaran, Angket respon mahasiswa, dan Tes Kreativitas. Data yang diperoleh melalui instrumen penilaian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Analisis dimaksudkan untuk memaparkan hasil pengembangan produk, mengetahui tingkat validasi, dan kelayakan produk untuk diimplementasikan pada pembelajaran. Hasil analisis data digunakan sebagai dasar untuk merevisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan.  hasil penelitian Perangkat pembelajaran yang dibuat dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi, skor kuesioner respon mahasiswa, dan skor THB mahasiswa. Perangkat dikatakan layak karena memperoleh skor rata- rata validasi RPS sebesar 3,3 (valid); rata- rata validasi LKS sebesar 3,2 (valid); dan rata-rata validasi THB sebesar 3,3 (valid). Sehingga perangkat pembelajaran tersebut termasuk dalam kriteria valid atau dengan kata lain layak digunakan. Kelayakan didukung dengan skor THB  mahasiswa pada uji coba lapangan skala besar dengan rata-rata nilai mahasiswa 83 dan presentase mahasiswa yang memenuhi KKM (KKM=75) sebanyak 90 %.

Published

2022-11-28

How to Cite

Wahyuni, N., Purwati, D., Karmila, K., Jaenudin, J., & Ikhwan, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Matakuliah Speaking menggunakan “Rawa Mbojo” untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5271-5277. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1265