Pengaruh Persepsi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru SMK Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Lampung

Authors

  • Muhammad Ihsan Dachfolfany Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia
  • Wawan Saputra Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1251

Abstract

Manajerial kepala sekolah dapat ditunjukkan dalam pelaksanaan pengelolaan atau manajerial yang diterapkan di sebuah lembaga pendidikan, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: (1) pengaruh persepsi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, (2) pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, (3) pengaruh persepsi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama terhadap kinerja guru sekolah SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung yaitu sebesar 57,0%.

Published

2023-01-01

How to Cite

Dachfolfany, M. I., & Wawan Saputra. (2023). Pengaruh Persepsi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru SMK Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Lampung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 25-31. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1251