Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1241Abstract
Seiring dengan kebutuhan siswa yang semakin kompleks. Dibutuhkan suatu cara serta strategi dalam melaksanakan pembelajaran oleh seorang guru. Salah satu terobosan penting sebagai upaya dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang dilakukan oleh seorang guru yaitu problem solving dan problem Based Learning. Tujuan penyusunan karya ini yaitu untuk memperoleh suatu pengetahuan tentang keefektifan sistem pembelajaran problem solving dan problem Based Learning lagi kemampuan berpikir kritis peserta didik SD. Penulisan pada karya ini menggunakan metode eksperimen. Untuk itu matching pretest-post-test comparison group design bagian dari desain karya ini. 23 siswa adalah bagian dari sampel dalam karya ini dengan cara probability sampling melalui cluster sampling. Observasi dilakukan guna untuk memperdalam pengamatan kegiatan pembelajaran siswa di kelas Serta adanya suatu tes yang dilakukan di kelas dalam rangka cara penulis untuk memperoleh data. Dan kuantitatif bagian dari cara untuk mendapatkan analisa data. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat efektivitas pembelajaran tematik problembased learning terhadap kemampuan berpikir kritis pembelajaran tematik peserta didik kelas 5 SD.