Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Selayar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1208Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV di SDI kampung tangnga kabupaten selayar dan faktor pendukung dan penghambatnya. Perpustkaan sekolah pada umumnya tidak dapat dimanfaatkan oleh siswa secara maksimal karena beberapa factor termasuk kurang exsamplar dan judul-judul referensi yang menaaik dan dibutuhkan siswa masih kurang. Selain itu, pihak wali kelas kurang mengarahkan siswa untuk memanfaatkan perpustakaan tersebut. Subjek penelitian ini adalah petugas perpustakaan, guru wali kelas IV dan peserta didik kelas IV SDI kampung tangnga kabupaten selayar tahun pelajaran 2022. Lokasi penelitian di SDI kampung tangga yang terletak di desa Teluk kampe Kecamatan pasimasunggu Kabupaten Selayar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV di SDI kampung tangnga masih lemah, karena fasilitas perpustakaan belum memadai baik dari aspek ketersedian buku-buku pelajaran maupun buku-buku pendukung serta pengelolaanya belum maksimal. Oleh karena itu, yang merupakan aspek penghabatnya adalah aspek pengelolaan dan fasilitas yang belum memadai. Sedangkan aspek pendukungnya adalah semangat siswa itu sendiri.