Membongkar Mitos Akselerasi Pembelajaran Dampak dari Kehilangan Pembelajaran Era Covid 2019

Authors

  • Slameto Slameto Universitas Presiden, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1163

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengganggu sekolah secara global, dengan konsekuensi jangka panjang yang berpotensi menghancurkan bagi hasil belajar dan kehidupan anak-anak. Penutupan sekolah telah membatasi kegiatan belajar di rumah masing-masing, sementara infrastruktur digital yang terbatas dan kurangnya pengalaman orang tua dalam mendukung pembelajaran anak-anak hampir pasti akan mengakibatkan hilangnya pembelajaran. Gangguan ini telah mengakibatkan kerugian pembelajaran yang substansial di seluruh dunia. Dengan menggunakan perangkat negara yang baru dikembangkan Bank Dunia untuk mensimulasikan dampak COVID-19 pada hasil belajar dan sekolah dari survei indikator penyediaan layanan pendidikan Indonesia diperkirakan bahwa anak-anak Indonesia telah kehilangan 11 poin pada skala membaca program untuk penilaian siswa internasional (PISA) karena periode penutupan empat bulan dari 24 Maret hingga akhir Juli 2020. Secara khusus, untuk menghindari dampak permanen pada akumulasi sumber daya manusia generasi ini, negara perlu: (1) fokus untuk membalikkan kerugian tersebut, dan (2) akselerasi/ mempercepat pembelajaran. Akselerasi pembelajaran adalah proses yang baik menyetel instruktur tradisional dengan penerapan penyampaian teknologi pembelajaran; Pikiran alami dirancang untuk akselerasi pembelajaran. Sayangnya, akselerasi pembelajaran ini dilingkupi mitos yang berbahaya, maka perlu dibongkar, berbasis fakta - realitas yang ada. Studi literature review ini telah berhasil mengidentifikasi 36 mitos dengan Model Empat Tahap Analisis; 5 mitos teratas berhasil dibongkar; Pada akhirnya dikembangkan (inovasi) 4 model akselerasi pembelajaran yang dapat dipilih menjadi alat yang sangat diperlukan sekolah.

Published

2022-11-05

How to Cite

Slameto, S. (2022). Membongkar Mitos Akselerasi Pembelajaran Dampak dari Kehilangan Pembelajaran Era Covid 2019. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5148-5155. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1163