Kepuasan Siswa Atas Layanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Konselor

Authors

  • Fransisca Mudjijanti Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1151

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gaya kepemimpinan konselor di SMAN  6 Kota Madiun, 2) Tingkat kepuasan siswa atas layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN  6 Kota Madiun.3) Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan konselor terhadap kepuasan siswa atas layanan bimbingan dan konseling di SMAN  6 Kota Madiun. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 6 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 144 orang. Teknik pengumpulan data dengan skala psikologi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan konselor di SMA Negeri 6 Kota Madiun cenderung partisipasi (participating); 2) Tingkat kepuasan siswa atas layanan BK di SMA Negeri 6 Kota Madiun adalah tinggi (memuaskan); 3) Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan konselor terhadap kepuasan siswa atas layanan BK di SMA Negeri 6 Kota Madiun sebesar 52.5%. Uji hipotesis membuktikan bahwa Gaya kepemimpinan konselor berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa atas layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 6 Kota Madiun (p value < 0.05).

Published

2022-11-04

How to Cite

Fransisca Mudjijanti. (2022). Kepuasan Siswa Atas Layanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Konselor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5051-5056. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1151