Pengembangan Media Pembelajaran (POINTTER) “Powerpoint Interaktif” pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangka Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Harjosari 01 Bawen

Authors

  • Diah Indarti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Nyoto Harjono Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran POINTTER melalui pendekatan saintifik untuk pembelajaran IPA materi rangka manusia kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan untuk membuat media adalah model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil uji pakar/ahli diperoleh hasil penilaian terhadap aspek media dengan persentase 88,3% dengan kategori sangat tinggi dan hasil penilaian aspek materi dengan persentase 82% juga tergolong sangat tinggi. Penilaian dari aspek pembelajaran atau observer dengan persentase 91% termasuk sangat tinggi pula. Hasil uji lapang terbatas melalui uji-t semakin meyakinkan bahwa media POINTTER layak digunakan.

Published

2022-11-04

How to Cite

Indarti, D., & Harjono, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran (POINTTER) “Powerpoint Interaktif” pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangka Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Harjosari 01 Bawen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5045-5050. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1133