Efektivitas Media Audio-Visual terhadap Keterampilan Menyimak Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Peserta Didik Kelas V SD

Authors

  • Salma Nabila Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Adi Winanto Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio-visual dan media konvensional terhadap peningkatan keterampilan menyimak peserta didik kelas V SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design dengan subjek penelitian seluruh pesera didik kelas V SD Negeri Plumbon 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media audio-visual dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan media konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji prasyarat menunjukkan kedua kelas homogen dan berdistribusi normal. Uji t menggunakan uji t Independent Sample Test yang menunjukkan thitung 3,255 dan siginifikan 0,003 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukkan media audio-visual lebih efektif dibanding dengan media konvensional.

Published

2022-11-03

How to Cite

Nabila, S., & Winanto, A. (2022). Efektivitas Media Audio-Visual terhadap Keterampilan Menyimak Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Peserta Didik Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4964-4967. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1126