Promosi Penjualan pada Social Media Marketing dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian Produk Dessert Box

-

Authors

  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama, Indonesia
  • Sifa Hayatina Universitas Widyatama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1123

Abstract

Perkembangan digitalisasi yang begitu pesat sejak pandemi Covid 19 membuat banyak masyarakat yang memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk melakukan jual beli online karena merasa dimudahkan untuk berniaga tanpa dipertemukan langsung dengan konsumen. Melalui media sosial penjual dapat menjangkau lebih luas pasar perdagangan agar mendapatkan keuntungan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis promosi penjualan pada social media marketing Instagram dan pengaruhnya terhadap perilaku pembelian produk dessert box. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk dessert box dengan sampel sebanyak 120 responden.  Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah secara statistic dengan menggunakan SPSS versi 20 for windows yaitu model uji t dan koefisien determinan (R2). Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian (Y). Sedangkan pada variabel social media marketing secara parsial menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku pembelian (Y). Sedangkan variabel Promosi penjualan dan Sosial Media Marketing secara simultan berpengaruh terhadap variabel Perilaku Pembelian.

Author Biography

Sifa Hayatina, Universitas Widyatama, Indonesia

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Published

2022-11-03

How to Cite

Dora, Y. M., & Hayatina, S. (2022). Promosi Penjualan pada Social Media Marketing dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian Produk Dessert Box: -. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4972-4978. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1123