Penerapan Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1121Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan program literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian mix method dengan desain penelitian sequential explanatory. Tahap I pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Tahap II pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukan penerapan program literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa sebesar 39,8%. Hasil penelitian juga ditujukan bahwa: (1) penerapan program literasi sekolah benar diterapkan di SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo yang terintegrasi dengan kurikulum k-13. (2) tahapan pelaksanaan program literasi sekolah terdiri dari pembiasaan; pengembangan; dan pembelajaran. (3) faktor yang mempengaruhi penerapan literasi sekolah yaitu bahan bacaan dan komitmen warga sekolah. (4) pemanfaatan perpustakaan di SMP Negeri 1 Tilango dapat membantu siswa dalam mencari referensi buku bacaan. (5) minat baca siswa terdiri dari beberapa aspek yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, keterlibatan siswa. (6) faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo yaitu individu itu sendiri. (7) pengaruh penerapan literasi sekolah terhadap minat baca siswa yaitu dapat memberikan kebiasaan baik terhadap siswa, dapat menumbuhkan minat baca siswa, memberikan kemudahan siswa untuk memahami materi pelajaran di dalam kelas, dapat memberikan ruang bagi siswa untuk berekspresi.