Pengembangan Model Pembelajaran Jamborad Berbasis Seni Budaya sebagai Wujud Implementasi Cerdas Berkarakter dalam Persiapan Generasi Emas 2045 di Kabupaten Poso

Authors

  • Andi Imrah Dewi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Akina Akina Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sariintan N. Kaharu Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Abdul Rahman Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengarah pada Pendidikan seni budaya merupakan proses panjang dari sebuah konten kebudayaan yang lahir dari masyarakat yang berbudaya-budaya mengajarkan kita akan akan ahlak dan prilaku kita dalam memahami konsep kehidupan. Sosialisasi yang terjalin tentunya akan memudahkan kita untuk bisa saling berinteraksi menenganal satu dengan yang lain secara bermakna dalam kontek yang menyeluruh dan kontektual. Pembelajaran seni tidak hanya dipandang secara kontekstual dan filosofis, melainkan juga  menjadi  pembelajaran  seni  secara praktis  sehingga  mampu  mengembangkan kecerdasan   secara   intelektual,   kecerdasan   emosional   dan   kecerdasan   spiritual, beragam pendekatan pembelajaran seni dapat di manfaatkan sesuai dengan tingkat psikologi siswa maupun kondisi sekolah seperti dalam pendekatan espresi bebas , pendekatan  disiplin  dan  pendekatan  multikultur  serta  pendekatan  tematik termasuk filosofi keindahan yang terbingkai dalam harmonisasi yang indah mampu membuat semua menjadi nyaman tentram dan damai semua karena sebuah karuniah dan kesyukuran yang mendalam yang perlu kita renungkan bersama. Seperti menyusun strategi dan metode yang di gunakan termasuk pada proses penilian dan evalusi pembejaran siswa. Sehingga kesemuanya perlu di persiapakan dalam satuan perangkat pembelajaran dan pengajaran yang bermakna.

Published

2022-11-01

How to Cite

Dewi, A. I., Akina, A., Kaharu, S. N., & Rahman, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Jamborad Berbasis Seni Budaya sebagai Wujud Implementasi Cerdas Berkarakter dalam Persiapan Generasi Emas 2045 di Kabupaten Poso. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4666-4671. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1117