Pengembangan Model Pembelajaran Jamborad Berbasis Seni Budaya sebagai Wujud Implementasi Cerdas Berkarakter dalam Persiapan Generasi Emas 2045 di Kabupaten Poso
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1117Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengarah pada Pendidikan seni budaya merupakan proses panjang dari sebuah konten kebudayaan yang lahir dari masyarakat yang berbudaya-budaya mengajarkan kita akan akan ahlak dan prilaku kita dalam memahami konsep kehidupan. Sosialisasi yang terjalin tentunya akan memudahkan kita untuk bisa saling berinteraksi menenganal satu dengan yang lain secara bermakna dalam kontek yang menyeluruh dan kontektual. Pembelajaran seni tidak hanya dipandang secara kontekstual dan filosofis, melainkan juga menjadi pembelajaran seni secara praktis sehingga mampu mengembangkan kecerdasan secara intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, beragam pendekatan pembelajaran seni dapat di manfaatkan sesuai dengan tingkat psikologi siswa maupun kondisi sekolah seperti dalam pendekatan espresi bebas , pendekatan disiplin dan pendekatan multikultur serta pendekatan tematik termasuk filosofi keindahan yang terbingkai dalam harmonisasi yang indah mampu membuat semua menjadi nyaman tentram dan damai semua karena sebuah karuniah dan kesyukuran yang mendalam yang perlu kita renungkan bersama. Seperti menyusun strategi dan metode yang di gunakan termasuk pada proses penilian dan evalusi pembejaran siswa. Sehingga kesemuanya perlu di persiapakan dalam satuan perangkat pembelajaran dan pengajaran yang bermakna.