Penggunaan Aplikasi Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Mahasiswa pada Materi Teks Prosedur pada Mahasiswa Unikom

Authors

  • Umi Narimawati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Indonesia
  • Panca Pertiwi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Indonesia
  • Supian Sulaeman Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat teks prosedur menggunakan aplikasi Padlet. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur investigasi terdiri dari empat fase: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Topik penelitian diserahkan kepada 35 mahasiswa Universitas Komputer Bandung. Data yang diperoleh selama penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Padlet meningkatkan keterampilan menulis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya data. Pertama, hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai tes siswa yang signifikan dari siklus ke siklus. Pada pre-test, 9 siswa atau 25,7% mampu mencapai nilai yg seharusnya, sedangkan pada post-test meningkat menjadi 29 siswa atau 83%. Oleh karena itu, aplikasi Padlet membantu siswa meningkatkan hasil belajar teks prosedur mereka.

Published

2022-11-01

How to Cite

Narimawati, U., Pertiwi, P., & Sulaeman, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Mahasiswa pada Materi Teks Prosedur pada Mahasiswa Unikom. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4714-4719. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1107