Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1095Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang bertujuan untuk menganalisis kesulitann guru dalam menerapkan pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru kelas I, II, dan III pada SDN Watuwara. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) dalam perencanan guru merasa kesulitan ketika memadukan materi pelajaran dalam langkah-langkah pembelajaran pada saat penyusunan RPP. 2) dalam pelaksanaan yakni guru merasa pembelajaran tematik membutuhkan waktu yang lebih banyak, karena isi pembelajaran tidak hanya mencakup satu mata pelajaran saja dan pembelajaran tematik masih berpusat pada guru. 3) dalam evaluasi, guru-guru merasa kesulitan dalam menilai rana afektif karena perbedaan karakterisitik dari setiap siswa berbeda dan guru kesulitan ketika mengisi laporan hasil belajar siswa karena penilaiannya sesuai mata pelajaran. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan guru yakni kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru dalam seminar, pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pembelajaran tematik untuk meningkatkan kualitas para guru.