Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • Erwin Simon Paulus Olak Wuwur Universitas Negeri Malang Indonesia
  • Uung Gundo Saputro Universitas Negeri Malang Indonesia
  • Linda Puspita Universitas Negeri Malang Indonesia
  • Shirly Rizki Kusumaningrum Universitas Negeri Malang Indonesia
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1095

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang bertujuan untuk menganalisis kesulitann guru dalam menerapkan pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru kelas I, II, dan III pada SDN Watuwara. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) dalam perencanan guru merasa kesulitan ketika memadukan materi pelajaran dalam langkah-langkah pembelajaran pada saat penyusunan RPP. 2) dalam pelaksanaan yakni guru merasa pembelajaran tematik membutuhkan waktu yang lebih banyak, karena isi pembelajaran tidak hanya mencakup satu mata pelajaran saja dan pembelajaran tematik masih berpusat pada guru. 3) dalam evaluasi, guru-guru merasa kesulitan dalam menilai rana afektif karena perbedaan karakterisitik dari setiap siswa berbeda dan guru kesulitan ketika mengisi laporan hasil belajar siswa karena penilaiannya sesuai mata pelajaran. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan guru yakni kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru dalam seminar, pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pembelajaran tematik untuk meningkatkan kualitas para guru.

Published

2022-11-01

How to Cite

Wuwur, E. S. P. O., Saputro, U. G., Puspita, L., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4672-4676. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1095