Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Self Control Siswa di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo dan SMK Muhammadiyah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Muzzaki Jamaalul Insan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Bambang Sumardjoko Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muh Nur Rochim Maksum Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1087

Abstract

Penelitian ini untuk menjelaskan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan self control siswa dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan self control siswa di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo dan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa persamaan upaya guru Pendidikan Agama Islam di dua sekolah antara lain pelaksanaan dan pengawasan tata tertib, pelaksanaan apel pagi, sholat berjamaah dan pemberian hukuman jika siswa melanggar. Tertdapat faktor pendukung seperti motivasi dari guru, dorongan orang tua, pergaulan yang baik dan kesadaran dari pribadi siswa. Selain itu, faktor penghambat antara lain cara berfikir dan bersikap siswa yang belum matang dan pergaulan yang buruk dengan siswa lain.

Published

2022-11-01

How to Cite

Insan, M. J., Sumardjoko, B., & Maksum, M. N. R. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Self Control Siswa di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo dan SMK Muhammadiyah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4682-4686. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1087