Strategi Pembelajaran Tematik pada Kelas Tinggi SDN 066043 Kecamatan Medan Helvetia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1079Abstract
Strategi pembelajaran tematik itu dapat terlaksana dengan baik apabila guru dalam merencanakannya tepat seperti pemetaan kompetensi dasar, mengembangkan jaringan tema, membuat silabus, membuat RPP, menggunakan strategi /metode yang bervariasi dan membuat media yang tepat. Strategi pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang dilakukan secara terpadu dengan menggunakan tema dan dikaitkan dari beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman yang bermakna bagi anak didik. Strategi pembelajaran tematik yang dilakukan di kelas tinggi perlu dilaksanakan dengan tepat, sehingga tujuan pembelajaran itu dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik yang ada di SDN 066043 Kecamatan Medan Helvetia melalui pengamatan, wawncara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tematik di SDN 0660 Kecamatan Medan Helvetia sudah dilaksanakan namun masih ada yang perlu diperbaiki seperti mengaitkan tema-tema dari berbagai mata pelajaran, menyusun silabus dan RPP serta pemakaian metode dan menggunakan media pembelajaran. Strategi/metode yang digunakan oleh guru masih belum seperti yang diharapkan, hal ini dapat ditunjukkan pada saat proses pengajaran dilaksanakan, di mana guru lebih condong memakai metode ceramah, menggunakan metode tanya jawab dan memberikan tugas. Proses pembelajaran itu seharusnya guru harus mampu melakukan metode yang bervariasi dengan menambahkan metode demonstrasi, karyawisata dan bermain peran, sehingga pembelajaran itu menyenangkan dan tujuan pembelajaran itu tercapai.