Positioning Kedai Kopi Lokal "Kopi Masalalu" pada Kalangan Remaja di Jakarta (Studi Kasus: Kedai Kopi Lokal Dekat Hati, Janji Hati, Kopi Enak, dan Kopi Kulon)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1067Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning kedai kopi lokal berdasarkan persepsi konsumen di kota Jabodetabek. Jumlah sampel 55 responden. Instrument penelitian yang digunakan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden dengan menggunakan skala likert, analisa data yang digunakan diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positioning kedai kopi lokal Kopi Masalalu, kopi Main Hati, janji hati, Kopi Enak, dan kopi Kopi Kulon berdasarkan persepsi konsumen kota Jabodetabek diketahui mempunyai posisi yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan tempat merupakan atribut yang dianggap penting oleh konsumen. Kopi Masalalu memiliki keunggulan harga dan tempat disusul dengan Kopi Enak yang memiliki keunggulan pada tempat, namun untuk harga tidak sesuai dengan persepsi konsumen, Kopi Main Hati memiliki keunggulan pada tempat namun tidak lebih unggul dari Kopi Enak, Kopi Kopi Kulon tidak sesuai dengan persepsi konsumen karena masih kurang pada harga dan tempat, dan Kopi Jani Jiwa masih kurang dari segi tempat namun, segi harga sudah memenuhi persepsi konsumen dan masih perlu ditingkatkan. Tempat yang dimiliki oleh beberapa kedai kopi Janji hati, Kopi Enak, dan Kopi Main Hati perlu ditingkatkan fasilitasnya dari segi kenyamanan dan interior kedai.