Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Negeri 091405 Sipintuangin Tahun Pembelajaran 2022/2023

Authors

  • Wita Sari Damanik Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Indonesia
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Indonesia
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasi. instrument yang digunakan peneliti adalah angket atau pernyataan yang berisi tentang disiplin belajar siswa yaitu sebanyak 30 butir. Untuk melihat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar maka peneliti menghitung uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelasi dari pearson bentuk yang ketiga. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika (rhitung) sebesar 0,81 dan nilai signifikansi korelasi (thitung) sebesar 7,32. Jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 1,70 pada taraf signifikansi 0,05 maka thitung > ttabel (7,32 > 1,70), sehingga nilai tersebut signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 091405 Sipintuangin tahun pembelajaran 2022/2023.

Published

2022-11-01

How to Cite

Damanik, W. S., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. . (2022). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Negeri 091405 Sipintuangin Tahun Pembelajaran 2022/2023. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4703-4708. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1064