Strategi Avac pada Determinant Service Excellence Competitive Advantage (Studi pada Bisnis Kuliner Ayam Geprek di Kabupaten Blitar)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1012Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Pemasaran yang diterapkan UKM Ayam Geprek di Kabupaten Blitar Supaya memilliki Keunggulan Kompetitif yang berkelanjutan sehingaa dapat meningkatkan penjualan Pemasaran dan mengetahui strategi Pemasaran apakah yang paling berdampak langsung terhadap peningkatan penjualan Ayam Geprek tersebut. Dalam merumuskan strategi Pemasaran, diperlukan dukungan konsep-konsep teori yang relevan dan teruji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan teori Service Excellent Barata, Inoasi Poter, Teori Customer Relationship Marketing Kottler. Penelitian ini juga menggunakan teorinya Michale Porter tentang Competitive Advantage dan Strategi AVAC yang dikemukakan Alan Afuah, Penelitian ini menggunakan metode Kombinasi (Mixmethod). Metode ini bertujuan untuk merumuskan suatu strategi bisnis ayam Geprek supaya dapat Sustainable Competitive Advantage. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuisioner dalam bentuk angket dan wawancara mendalam, observasi, studi dokumen, dan kepustakaan. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan narasumber. Dalam teknik ini, narasumber yang dipilih adalah 100 pengusaha Ayam Geprek di Kabupaten Blitar sebagai pelaku bisnis yang mengetahui dan memahami permasalahan yang ada. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ayam Geprek memanfaatkan Service Excellent, Customer Relationship Marketing dan Inovasi untuk Pelaku Usaha Ayam Geprek bisa memiliki Keunggulan Kompetitif yang berkelanjutan. Secara garis besar, strategi yang paling berdampak langsung terhadap penjualan adalah Action dan Value.