Analisis Pengaruh Pengalaman Pengunjung terhadap Kepuasan Pelanggan di December Coffee Citra 8

Authors

  • Jason Devandi Putra Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9364

Abstract

December Coffee by The Bay memerlukan Pengalaman Pengunjung yang baik sehingga pelanggan merasa puas untuk hadir disini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sense, feel, act, think, dan relate sebagai elemen Pengalaman Pengunjung yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada café tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan purposive sampling pada 100 responden yang diolah dengan program SPSS Versi 25. Hasil dari uji T pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman Pengunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di December Coffee by The Bay. Hasil dari analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara Pengalaman Pengunjung terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 83.8% dan 16,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lainnya yang tidak diteliti. Hasil signifikansi 0.00 < 0.05 juga berarti bahwa pengaruh tersebut bersifat positif secara simultan pada Pengalaman Pengunjung terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan temuan ini, December Coffee by The Bay disarankan untuk terus meningkatkan sense, feel, act, think, dan relate dalam meningkatkan pengalaman pengunjung sehingga pelanggan nantinya akan menjadi lebih puas.

Published

2025-08-01

How to Cite

Putra, J. D. . (2025). Analisis Pengaruh Pengalaman Pengunjung terhadap Kepuasan Pelanggan di December Coffee Citra 8. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9083-9089. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9364