Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9354Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 1 Pekanbaru Kelas VII Mata Pelajaran IPS. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 siswa yang menggunakan jenis teknik proportional random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan kuesioner, selanjutnya di analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dan motivasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hasil uji t pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, kemudian pengaruh peran orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 57,4%. Hal ini menunjukkan semakin tinggi peran orang tua siswa maka akan semakin meningkat hasil belajar siswa dan semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar siswa.